Langsung ke konten utama

Sedan Mercedes-Benz Antik Jadi Mobil Termahal di Dunia

Mobil Sedan Mercedes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe menjadi harga termahal usai dilepas baru-baru ini oleh perusahaan lelang mobil RM Sotheby's. Dilansir dari Kompas.com pada Senin (23/5/2022), harga tersebut ditawarkan dalam acara lelang RM Sotheby's di Jerman pada awal pekan lalu. Menariknya, mobil keluaran 1955 tersebut terjual kepada seorang kolektor pribadi. Mobil ini ditawari harga mencapai 135 juta Euro atau sekitar Rp 2 triliun! Dari bandrol harga itu, Uhlenhaut Coupe kemungkinan merupakan mobil termahal yang pernah ada di dunia. Bahkan, penjualan tersebut cukup menjadi perhatian publik. Situs Dmarge memberi judul untuk penjualan mobil ini sebagai "most expensive ever". Wajar ketika mobil antik menjadi perhatian milyarder sejak beberapa tahun lalu, terlebih sekaliber mobil satu ini. Diketahui, harga mobil-mobil antik yang dilepas di acara lelang tidak pernah setinggi Mercedes-Benz tersebut.
(Sedan Mercedes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe) Dilansir dari CNBC, pada 2018, Ferrari GTO buatan 1963 dijual secara pribadi seharga 70 juta dollar AS atau setara Rp 1 triliun. Kemudian Ferrari 250 GTO 1962 yang juga dilelang RM Sotheby's laku dengan harga 48,5 juta dollar AS (lebih kurang Rp 711,6 miliar). Selain menjadi mobil termahal di dunia, Uhlenhaut Coupe ini dinilai sebagai salah satu dari 10 barang paling bernilai yang pernah dijual di acara lelang. Mobil ini adalah satu dari dua purwarupa Mercedes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe yang pernah dirancang Mercedes-Benz. Bisa jadi, kelangkaan itulah yang membuat nilai 300 SLR Uhlenhaut Coupe melonjak drastis. Hasil penjualan akan digunakan manufaktur untuk Mercedes-Benz Fund yang berencana memberikan beasiswa pendidikan dan penelitian di bidang ilmu lingkungan dan dekarbonisasi bagi kaum muda. Nama mobil Uhlenhaut Coupe diambil dari kreator dan chief engineer Mercedes-Benz, Rudolf Uhlenhaut yang diketahui pernah memiliki mobil tersebut. Tim di Mercedes-Benz merancang 300 SLR Uhlenhaut Coupe dengan menggabungkan performa 300 SLR dan mobil Formula 1 W 196 R, disertai tampilan desain tipe 300 SL. Awalnya, mobil ini "dilahirkan" untuk terjun ke ajang balapan Carrera Panamericana. Namun, keputusan itu dibatalkan setelah bencana besar di Circuit de la Sarthe di Le Mans, Perancis yang menewaskan 83 orang pada tahun 1955. Mampu digeber hingga kecepatan maksimum mendekati 290 kilometer per jam, Uhlenhaut Coupe menjadi salah satu mobil tercepat di masa kejayaannya.
Kini, satu Uhlenhaut Coupe yang tersisa (tidak dijual) dipamerkan di Mercedes-Benz Museum di Stuttgart, Jerman. Sementara itu dilansir dari Viva.co.id, ternyata mobil satu ini memiliki keunggulan yang menarik yang pernah dibuat pada masanya. Mobil sedan Mercedes 300 SLR 'Coupe Uhlenhaut' ini memiliki sejarah yang cukup panjang di dunia otomotif. Sebagai pengetahuan, mobil ini pernah berjaya sebagai kendaraan super cepat di eranya, karena mampu melaju dengan kecepatan 180 mil per jam.

Komentar