Langsung ke konten utama

Menjadi Pribadi yang Hebat

 

Memandang Kota Redelong dari Puncak Merah Putih Kabupaten Bener Meriah (Dokumen pribadi Junaidi Ari Delung)

Setiap kita manusia tentu memiliki cerita panjang dalam hidupnya. Bahkan, setiap individu itu ada yang berkeinginan menjadi orang sukses.

Untuk memahami kata sukses itu, ternyata kita tidak dibenarkan fokus hanya kepada satu tujuan. Yaa! Misalnya seperti sukses dalam menghasilkan uang.

Jika kita berpikir bahwa sukses itu diukur dari segi uang kita yang banyak maka kita berada pada pemikiran yang salah. Stop!! Sampai disana saja, jangan dilanjutkan. Untuk kata sukses sendiri masih berlaku pada kata umum dan subjek.

Sebab, kalau kita berhasil menyelesaikan pendidikan dari SD sampai tamatan Sekolah menengah atas, itu juga sukses.

Sukses dalam meraih impian, bagian dari sukses. Maka, kita tidak boleh mengukur bahwa tingkat kesuksesan itu dilihat dari seberapa besarnya kita menghasilkan uang.

Atau, seberapa jauh kita bisa bersaing dengan orang lain dalam meningkatkan jenjang pendidikan. Akan tetapi sukses dengan objeknya masing-masing.

Boleh saja kita sukses dalam bermain bola, menjadi dosen, mahasiswa berprestasi, menjadi Bupati, Walikota, Gubernur bahkan Presiden dan lain sebagainya.

Berangkat dari sana, maka semua mereka merupakan orang hebat yang mau mengubah diri mereka menjadi lebih baik.

Untuk itu, maka bagaimana cara kita agar kita bisa menjadi seperti mereka yang berkualitas dan menemukan kata sukses pada masing-masing bidang?

Berikut akan disampaikan kepada pembaca bagaimana kita bisa menjadi orang yang hebat seperti mereka-mereka diatas.

Dr Hendrasyah Putra, seorang motivator asal Aceh memberikan saran bagaimana sebenarnya menjadi orang yang hebat tersebut.

Keriteria yang bisa membangun dan membantu orang lain dalam hal apapun, bahkan dalam membangun daerah kita masing-masing.

Dr. Hendra mengatakan bahwa agar kita bisa menjadi orang yang hebat maka harus ditanamkan dalam diri kita empat hal.

1.     Kerja Keras.

Dalam diri maupun pribadi yang baik dan membangun harus dimulai dengan niat dan dilanjutkan dengan kerja keras.

Maksudnya disini adalah tidak tahan banting layaknya Superman, Spiderman dan lain sebagainya.

Akan tetapi kita dianjurkan untuk mengasah kepribadian kita, mendorong kepribadian kita untuk mengejar dan mencari apa yang kita harapkan itu.

Maka, untuk mendapatkan kerja keras, maka harus dimulai dari sekarang dan langsung action atau gerak.

2.   Penguatan Kapasitas

Disini maksudnya adalah bagaimana sebenarnya pribadi yang hebat memiliki kapasitas yang hebat, sehingga bisa menjadi jembatan dalam menaungi kesuksesan itu.

Asah dari penguatan kapasitas ini, kita bisa dilihat dimana kekurangan kita. Dituliskan dalam kertas dan checklist, kita ini sebenarnya pribadi yang pada sisi mananya yang kurang.

Dari kekurangan itu, maka kita perlu untuk mempelajari kekurangan dari kapasitas kita itu. Simple saja dalam menguatkan hal tersebut, kita harus belajar dan terus belajar.

3.      Atitude

Selanjutnya menurut Hendra, agar menjadi manusia serta pribadi yang hebat juga harus dibarengi dengan “attitude” atau etika.

Bila kita memiliki kapasitas yang baik, mental yang bagus, cemerlang, pintar, jenius dan lain sebagainya. Jika kita tidak memiliki etika, maka ini sama saja nol.

Kita sering dengan bukan! Dalam Islam itu diatur bahwa Adab itu lebih tinggi daripada ilmu. Atau bahasa lainnya etika, adab berada diatas ilmu.

Setinggi apapun manusia memiliki ilmu yang hebat, namun etikanya tidak ada, tidak akan diperdulikan orang lain.

Artinya, dengan adab kita bisa hidup tenang. Dengan adab kita bisa meraih ilmu dengan cepat dan permanen. Kalau tidak percaya, boleh dicoba ya!!

4.      Kejujuran

Nah yang terakhir adalah Kejujuran. Orang yang jujur, untuk saat ini sangat sulit sekali ditemukan. Bahkan, hampir langka.

Kejujuran akan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja ataupun dalam membangun pribadi yang hebat.

Sebab, dengan kejujuran, setiap manusia bisa memberikan amanah yang menurutnya sangat berharga untuk masa depannya. Atau dalam sisi lain, barangkali ia butuh rahasia yang tidak ingin disampaikan ke siapapun.

Nah, kepercayaan orang lain terhadap kita sangat perlu untuk kita bangun dengan baik. Hal ini sangat penting untuk diterapkan dalam diri sendiri.

Nah, pembaca yang budiman. Itulah empat informasi mengenai bagaimana sebenarnya menjadi pribadi yang hebat. Keempat itu adalah, Kerja Keras, Penguatan Kapasitas, Atitude atau etika dan terakhir Kejujuran. Demikian, semoga bermanfaat. Selamat mencoba ya!! Hehe.

Komentar